12 April 2008

Nugal Ngambek Ari

Budaya gotong royong memang sangat kental dalam masyarakat timur, salah satunya adalah dalam acara nugal, musim kemarau adalah saat musim nugal, yaitu acara menanam padi di ume(huma) talang yang dilakukan secara bergotong royong dengan cara melubangi tanah dengan alat tugal kemudian di isi dengan benih padi, dalam satu hari biasanya ada dua atau tiga ume yang di tugal, tiap anggota keluarga biasanya dibagi-bagi menyebar untuk ikut masing masing ume.

Pertama kali saya ikut nugal ketika disuruh Nyai ikut nugal ngambek ari di ume Mang Romli, sistem ngambek ari seperti arisan, dalam kasus ini Nyai sebagai peserta arisan mendapat undangan dari orang yang mengadakan acara nugal, kalau pada hari yang sama Nyai mendapat undangan dari tiga orang, sangat tidak mungkin Nyai memenuhi ketiga undangan tersebut maka Nyai akan mengirim orang sebagai wakilnya.

Orang orang yang membantu nugal di ume Mang Romli berbeda-beda kepentingannya, selain sanak keluarganya yang membantu menyiapkan kince, orang yang ngambek ari seperti saya, ada juga orang yang bayar nugal yaitu orang yang sudah lebih dulu mengadakan acara nugal dan Mang Romli (atau wakilnya) nugal ngambek ari pada orang tersebut, sehingga dia berkewajiban membayarnya dengan cara balas nugal.

Selain kelompok yang tersebut diatas ada juga peserta tak resmi, yaitu para bujang gadis yang mencari pasangan. Biasanya yang punya hajat sengaja mendatangkan keluarga atau teman anak gadisnya dari luar kampung untuk memancing datangnya peserta tak resmi tersebut, semakin cantik gadis tersebut semakin ramai bujang yang datang.

Karena baru pertama kali nugal, kulit telapak tangan saya langsung membengkak dan berair yang akhirnya pecah terkena gesekan kayu tugal, namun kemudian menjadi kapalan karena hampir setiap hari mengikuti acara nugal, baik untuk ngambek ari maupun bayar nugal

4 comments:

jokam unib said...

ha ha ha...btw,tokohnya sape??

Etmusahani said...

tokohnye kite dewek, sape lagi?

ngemeng-ngemeng sape nih?

Nayel said...

Nugal.. kalau dikampung saya itu dilakukan pada tahun 60-an

Etmusahani said...

mang nayel,
menek ari memang lah jarang yang nugal, cerite diatas adalah pengalamanku tahun 96-an(tamat SMA)