12 December 2007

Kedurok dan Kerebunting

Tertarik dengan khasiat dari karamunting yang tertulis di sebuah web, saya googling gambar dengan keyword karamunting, ternyata ada beberapa nama ilmiah dengan gambar yang berbeda, akhirnya setelah berhari-hari googling dengan keyword yang berbeda, saya punya kesimpulan sebagai berikut.


1. Rhodomyrtus Tomentosa
family Myrtaceae, disebut juga downy rosemyrtle, Ceylon hill cherry, putiknya seperti putik jambu yang menyerupai cotton bud, bunganya sama persis dengan bunga m. malabathricum, namun saya belum tahu namanya dalam bahasa setempat

2. Melastoma Malabathricum
family Melastomatacease, disebut juga senduduk ungu, straits rhododendron, karamunting, dan di baturaja disebut kedurok, daunnya memanjang, buah yang matang berwarna ungu gelap memecah kulit buah yang menyerupai mahkota, sering diambil cabangnya untuk cangka betet(gagang ketapel).

3. Melastoma Sanguineum
family Melastomatacease, disebut juga senduduk hitam, dark blueberry, hairy clidemia, keremunting, dan di baturaja disebut kerebunting, daunnya agak bulat berbulu, buahnya yang matang biru gelap berbulu rasanya manis meninggalkan warna seperti tinta di lidah

Dari pada salah obat, saya sengaja tidak menyebut khasiat dari karamunting, karena saya tidak tahu yang dimaksud penulis itu m. malabathricum atau m. sanguineum, tapi yang pasti bukan rhodomyrtus tomentosa.

No comments: